Apa kegiatan usaha Batumbu?

Batumbu merupakan perusahaan Peer-To-Peer Lending yang mempertemukan Wira UKM (pengusaha, mikro kecil dan menengah) yang membutuhkan modal usaha dengan Penyedia Dana (indvidu atau isntitusi pemilik modal) yang ingin mendukung pertumbuhan Wira UKM dan mengembangkan dana untuk mendapatkan imbal hasil menarik, dalam sebuah platform digital.

Apa itu Peer-to-Peer Lending?

Peer-To-Peer Lending adalah Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang mempertemukan pemberi dan penerima pinjaman melalui sistem elektronik, termasuk untuk proses seleksi atau assessment kredit. Layanan ini menjadikan Penyedia Dana lebih nyaman dalam memberikan pendanaan. Di sisi lain, menjadikan Batumbu optimal menjadi alternatif sumber dana bagi Wira UKM yang belum dapat dilayani oleh lembaga keuangan lain.

Apa bentuk usaha Batumbu?

Batumbu adalah sebuah badan usaha hukum berbentuk PT (Perseroan Terbatas) yang didirikan pada tahun 2018 dan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) 912107672454.

Apakah Batumbu diatur dan diawasi negara?

Batumbu secara resmi diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI) sebagai Penyedia Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi yang terdaftar sejak 8 April 2019dengan nomor surat tanda daftar : S-217/NB.213/2019.

Apakah yang membedakan Batumbu dengan Bank pada umumnya?

Batumbu tidak memiliki lisensi perbankan dan tidak beroperasi sebagai Bank. Batumbu merupakanplatformyang mempertemukan Penyedia Dana dengan Wira UKM yang membutuhkan pembiayaan. Batumbu dalam hal ini bertindak sebagai perantara yang mejembatani kebutuhan Wira UKM dan Penyedia Dana, dan tidak menghimpun dana pihak ketiga seperti Bank. Dengan peran tersebut, Batumbu bertujuan menjadi katalis pertumbuhan dengan memberikan keleluasaan akses pembiayaan dengan proses yang cepat dan mudah bagi Wira UKM, serta dilain sisi memberikan alternatif investasi dengan imbal hasil yang menarik bagi Penyedia Dana.

Mengapa Penyedia Dana atau Wira UKM sebaiknya memilih Batumbu?

Batumbu mendukung Wira UKM untuk tumbuh berkelanjutan dengan menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Wira UKM. Bagi Penyedia Dana, Batumbu memberikan peluang investasi yang aman dengan imbal hasil yang menarik didukung dengan proses verifikasi berbasis teknologi, pola kemitraan dan opsi asuransi, serta peluang untuk memberdayakan Wira UKM. Batumbu memiliki semangat dan komitmen tinggi serta menempatkan kesuksesan Mitra, Wira UKM, Penyedia Dana sebagai prioritas utama. Batumbu memiliki visi untuk menjadi penyedia solusi keuangan terbaik, mengembangkan potensi, dan mewujudkan aspirasi untuk tumbuh, serta didukung oleh Manajemen yang berpengalaman di segmen UKM dalam sektor keuangan formal.

Ada pertanyaan?

Tim Funder Relation (FR) Kami siap membantu Anda yang ingin memulai memberikan pembiayaan. Silakan hubungi Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memberikan pendanaan melalui layanan Kami.

Hubungi kami

Tentang Kami

Batumbu adalah katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi Wira UKM di Indonesia. Layanan Kami menghubungkan Wira UKM yang berkualitas dengan Penyedia Dana yang terakreditasi.

Pelajari Lebih Lanjut

Berapa tingkat suku bunganya?

Dapat bervariasi antara 15% hingga 20% per tahun, tergantung pada profil risiko Wira UKM dan produk pembiayaan yang diajukan.

Berapa nilai minimal dan maksimal pembiayaan di Batumbu?

Minimal pembiayaan adalah sebesar Rp10 juta per Wira UKM.

Maksimal pembiayaan adalah sebesar Rp2 miliar per Wira UKM.

Apa saja biaya layanan yang dikenakan Batumbu?

Untuk Wira UKM, Batumbu mengenakan biaya platform dan biaya bunga yang besarannya di sesuaikan dengan tingkat resiko, jenis produk dan jangka waktu pembiayaan.

Apa syarat pengajuan pembiayaan di Batumbu?

– Dokumen Identitas, berupa KTP untuk perorangan dan Akta Pendirian beserta pengesahan Kemenkumham untuk perusahaan

– Dokumen Perijinan Usaha

– Dokumen Perpajakan, berupa NPWP dan SPT

– Dokumen Underlying Pinjaman, yaitu dokumen pembuktian kebutuhan pembiayaan berupa invoice/ kontrak kerja / atau dokumen lainnya.

Apa saja kriteria bagi Wira UKM yang dapat dibiayai?

Wira UKM berbentuk usaha perorangan termasuk CV maupun badan hukum (PT, Koperasi) yang memiliki perijinan untuk menjalankan kegiatan usaha produktif di Indonesia, diutamakan memiliki penjualan per tahun (sales turn over) sampai dengan Rp50 miliar. Kompeten menjalankan usaha, meski sederhana namun dapat dipercaya, memiliki reputasi baik dan bercita-cita mengembangkan bisnisnya.

Bagaimana Batumbu menilai kelayakan Wira UKM?

Batumbu melalukan analisis terhadap profil Wira UKM dan usahanya melalui serangkaian proses, termasuk proses berbasis teknologi untuk memverifikasi kebenaran data / informasi yang diberikan oleh Wira UKM. Untuk pinjaman dengan pola kemitraan (Mitra sebagai pembayar), Batumbu juga memperoleh rekomendasi dari Mitra atas reputasi Wira UKM yang akan dibiayai.

Jenis pembiayaan apa saja yang dapat dilayani oleh Batumbu?

Pembiayaan yang dapat dilayani oleh Batumbu antara lain:

  1. Invoice Financing: yaitu pembiayaan berdasarkaninvoice atas barang/jasa yang telah di-deliver.
  2.  Purchase Order / Contract Financing:  yaitu pembiayaan berdasarkan purchase order atau kontrak atas barang/jasa yang belum di-deliver.
  3. Working Capitalyaitu pembiayaan modal kerja sesuai kebutuhan / cycle.

Berapa maksimal pembiayaan yang dapat saya peroleh?

Besarnya pembiayaan yang dapat diberikan akan tergantung pada hasil analisis atas profil Wira UKM dan usahanya. Pembiayaan diberikan sesuai kebutuhan pembiayaan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan usaha Wira UKM. Adapun berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 77/POJK.01/2016, batas maksimum pemberian pinjaman kepada satu orang peminjam adalah sebesar Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah), sehingga apabila kebutuhan melebihi nominal tersebut, maka maksimal pembiayaan yang dapat diberikan tetap mengikuti ketentuan batas maksimum tersebut.

Berapa tingkat suku bunga pinjaman yang dikenakan kepada peminjam?

Tingkat suku bunga pinjaman yang dapat dikenakan ke peminjam besarnya bervariasi mulai dari 15% per tahun. Suku bunga yang dikenakan didasarkan atas profil resiko Wira UKM dan usahanya, jenis produk / pembiayaan yang diajukan, dan tenor atau jangka waktu pinjaman.

Bagaimana proses pengajuan fasilitas pinjaman?

Wira UKM melakukan registrasi pada platform Batumbu dan mengisikan data / informasi serta melengkapi dokumen pendukung yang dipersyaratkan. Setelah terdaftar, Wira UKM dapat melakukan pengajuan pembiayaan melalui platform Batumbu. Pengajuan pembiayaan kemudian akan dianalisa oleh Tim Batumbu. Apabila pengajuan pinjaman disetujui, Batumbu akan mengunggah permohonan pembiayaan di platform agar dapat diketahui dan dipilih oleh Penyedia Dana. Jika Penyedia Dana yang bersedia membiayai pengajuan pembiayaan sudah terpenuhi, maka fasilitas pembiayaan akan dicairkan ke rekening Wira UKM.

Seberapa cepat fasilitas dapat disetujui?

Keputusan atas pengajuan pinjaman maksimal 48 jam pada hari kerja setelah Tim Batumbu menerima semua dokumen dan informasi yang dipersyaratkan secara lengkap.

Seberapa cepat saya dapat menerima dana?

Pencairan akan dilakukan pada hari sama dengan hari terpenuhinya Penyedia Dana yang bersedia untuk membiayai pengajuan pembiayaan calon Wira UKM yang di unggah pada marketplace / platform Batumbu apabila masih dapat dilakukan transfer dana sesuai cut off time transfer bank, atau dilakukan pada hari kerja berikutnya apabila waktu pinjaman terdanai telah melewati cut off time transfer pada hari tersebut.

Bagaimana jangka waktu pembayaran kembalinya?

Jangka waktu pembayaran kembali pembiayaan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan cycle bisnis nasabah. Saat ini Batumbu dapat memberikan pinjaman dengan tenor atau jangka waktu 1 hari hingga 180 hari atau 6 bulan.

Bagaimana mekanisme pembayaran kembalinya?

Pembayaran kembali pinjaman dapat dilakukan melalui mekanisme setoran atau transfer ke rekening pembayaran yang telah ditentukan atau ke virtual account Wira UKM di bank yang telah bekerjasama dengan Batumbu.

Apakah informasi bisnis dan keuangan saya akan dipublikasikan?

Ringkasan informasi mengenai bisnis, risiko, dan informasi lainnya terkait permohonan pembiayaan Wira UKM dapat diberikan kepada mitra kerja yang terlibat dalam proses pembiayaan, seperti perusahaan asuransi dan biro kredit swasta. Informasi bisnis dan keuangan Wira UKM juga akan dipublikasikan pada platform / marketplace untuk dapat diakses oleh calon Penyedia Dana yang terdaftar di platform Batumbu.

Apa yang terjadi jika saya gagal melakukan pembayaran?

Keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda / pinalti keterlambatan sesuai dengan nominal yang telah disepakati dalam perjanjian. Proses penagihan akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk proses hukum apabila diperlukan. Selain itu, informasi Wira UKM dan pinjaman menunggak juga dilaporkan ke OJK atau lembaga pelaporan lain sesuai ketentuan regulator.

Bagaimana credit rating dapat mempengaruhi proses pengajuan pembiayaan saya?

Credit rating menunjukkan tingkat resiko kredit dan akan berpengaruh pada tingkat suku bunga pinjaman. Semakin baik credit rating, maka tingkat suku bunga yang dikenakan atas pinjaman akan semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah credit rating, maka tingkat suku bunga yang dikenakan atas pinjaman akan semakin tinggi.

Apakah perlu ada agunan?

Kami tidak mensyaratkan agunan berupa aset tetap. Namun demikian untuk memastikan penggunaan pinjaman tepat atau sesuai kebutuhan, kami mensyaratkan adanya underlying document (dokumen rujukan) sebagai referensi dalam memverifikasi kebutuhan dan menyetujui pinjaman yang diajukan. Untuk meningkatkan moral obligasi, maka Garansi Personal atau Garansi Perusahaan dapat dimintakan sebagai tambahan.

Ada pertanyaan?

Tim Customer Success (CS) Kami siap membantu Anda yang ingin memulai mengajukan pembiayaan. Silakan hubungi Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memberikan pembiayaan melalui layanan Kami.

Hubungi kami

Tentang Kami

Batumbu adalah katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi Wira UKM di Indonesia. Layanan Kami menghubungkan Wira UKM yang berkualitas dengan Penyedia Dana yang terakreditasi.

Pelajari Lebih Lanjut

Siapa saja yang bisa menjadi Penyedia Dana?

Batumbu membuka kesempatan bagi Individu atau Badan yang memenuhi persyaratan minimum kekayaan bersih dan minumum komitmen penyaluran dana untuk ikut memberdayakan Wira UKM dengan menjadi Penyedia Dana di Batumbu. Hubungi Batumbu Info untuk informasi lebih lanjut.

Apa Keuntungan bagi Penyedia Dana?

Penyedia Dana berkesempatan memperoleh imbal hasil yang menarik, sekaligus peluang untuk dapat memberdayakan Wira UKM agar dapat tumbuh berkelanjutan, secara langsung. Penyedia Dana akan memperoleh laporan informasi Wira UKM yang didanai.

Apakah pendanaan pasti aman?

Setiap pendanaan memiliki potensi risiko. Untuk memitigasi resiko, Batumbu telah melakukan proses assessment terhadap Wira UKM dan atau Partner/Pemilik Tagihan yang akan bertindak sebagai pembayar. Batumbu menyediakan informasi secara transparan atas Wira UKM dan pendanaan yang dibutuhkan, dan juga menyediakan opsi asuransi untuk Penyedia Dana.

Berapa nilai minimal dan maksimal pendanaan yang dapat diberikan?

Minimal pendanaan adalah Rp 100 juta.

Berapa lama jangka waktu untuk pendanaan ?

Jangka waktu pembiayaan di Batumbu bervariasi mulai 1 hingga  180 hari. Jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan Wira UKM sesuai jenis produk dan underlying pembiayaan Penyedia Dana dapat memilih untuk mengembangkan dana pada portfolio yang sesuai dengan appetite Penyedia Dana dengan membaca informasi atas fasilitas pembiayaan yang ditawarkan untuk didanai.

Bagaimana proses pendanaannya?

Untuk menjadi Penyedia Dana, calon Penyedia Dana perlu melakukan registrasi di Platform Batumbu dan melakukan pembukaan Rekening Dana Lender (RDL) di Bank yang telah bekerja sama dengan Batumbu, serta menempatkan dana pada RDL. Setelah itu, Penyedia Dana dapat mengakses informasi pinjaman yang siap didanai. Setelah Penyedia Dana memilih pinjaman yang ingin dibiayai dan dana siap pada RDL, Batumbu akan melaksanakan pencairan dengan mendebet rekening RDL Penyedia Dana dan melakukan pencairan dana ke rekening Wira UKM sesuai prosedur yang berlaku.

Bagaimana melakukan penarikan dana dari Batumbu?

Penarikan dana dapat dilakukan dengan mengisi form penarikan dana sesuai prosedur yang berlaku di Batumbu

Biaya apa saja yang harus dibayarkan Penyedia Dana ke Batumbu?

Batumbu mengenakan komisi atas imbal hasil yang diterima oleh Penyedia Dana. Besarnya komisi atas imbal hasil sesuai dengan yang tercantum dalam Perjanjian Penyedia Dana. Apabila Penyedia Dana memilih opsi asuransi, maka premi yang dikenakan pihak asuransi dibayarkan oleh Penyedia Dana.

Berapa lama jangka waktu untuk pendanaan ?

Jangka waktu pembiayaan di Batumbu bervariasi mulai dari 1 hari hingga 180 hari. Jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan dan siklus usaha Wira UKM yang telah diverifikasi oleh Batumbu melalui proses analisa kredit. Penyedia Dana dapat memilih untuk berinvestasi pada portfolio yang sesuai dengan appetite Penyedia Dana dengan membaca informasi atas pengajuan pembiayaan yang ditawarkan dan siap untuk didanai.

Berapa tingkat IRR Return yang dapat saya terima?

Imbal hasil yang akan diterima oleh Penyedia Dana sesuai dengan bunga yang dibayarkan oleh Wira UKM, dikurangi dengan komisi Batumbu sebesar +/- 20% dari imbal hasil yang diterima, atau sesuai dengan tingkat komisi yang tertuang dalam Perjanjian Pendanaan yang telah ditandatangani oleh Batumbu dan Penyedia Dana.

Apakah konsekuensi perpajakan dari berinvestasi?

Batumbu senantiasa menyarankan Penyedia Dana untuk menunaikan kewajiban pajak atas investasi, sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.

Apakah saya akan mengetahui profil Wira UKM sebelum mendanai-nya?

Ya, informasi Wira UKM dan usahanya, serta pendanaan yang dibutuhkan akan tersedia untuk Penyedia Dana. Namun, Penyedia Dana terikat secara hukum untuk tidak menghubungi Wira UKM secara langsung. Apabila Penyedia Dana memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Tim Batumbu.

Bagaimana Batumbu menilai pembiayaan Wira UKM?

Untuk pinjaman dengan pola kemitraan (Mitra sebagai pembayar), Batumbu melakukan penilaian terhadap kredibilitas Mitra. Batumbu juga melakukan proses verifikasi berbasis teknologi untuk memverifikasi kebenaran data / informasi yang diberikan oleh Wira UKM dan menilai profil risiko Wira UKM, antara lain dengan melakukan pemeriksaan kepada biro kredit swasta yang memiliki proses berbasis artificial intelligence untuk mendapatkan informasi reputasi peminjam dan nilai credit scoringyang akan digunakan sebagai acuan untuk proses analisa permohonan pinjaman baru. Kami juga merekomendasikan Penyedia Dana untuk melakukan penilaian terhadap Wira UKM dan Mitra melalui informasi terbuka yang dapat diakses oleh Penyedia Dana.

Apa yang terjadi jika Wira UKM terlambat melakukan pembayaran kembali?

Wira UKM akan dikenakan biaya keterlambatan sesuai perjanjian yang telah disepakati. Akan dilakukan upaya penagihan kepada Wira UKM. Batumbu akan melakukan pembayaran kembali kepada Penyedia Dana menyesuaikan dengan pembayaran dari Wira UKM kepada Batumbu.

Apa yang terjadi jika Wira UKM cidera janji atau tidak dapat menunaikan kewajibannya?

Upaya penagihan kepada Wira UKM akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan perjanjian pendanaan yang telah ditandatangani oleh peminjam, termasuk pengambilan proses hukum apabila diperlukan. Informasi Wira UKM dan pinjaman menunggak akan dilaporkan kepada OJK atau lembaga pelaporan yang ditentukan regulator. Hak Penyedia Dana dilaksanakan sesuai perjanjian yang telah ditandatangani antara Batumbu dengan Penyedia Dana.

Ada pertanyaan?

Tim Funder Relation (FR) Kami siap membantu Anda yang ingin memulai memberikan pendanaan. Silakan hubungi Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memberikan pembiayaan melalui layanan Kami.

Hubungi kami

Tentang Kami

Batumbu adalah katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi Wira UKM di Indonesia. Layanan Kami menghubungkan Wira UKM yang berkualitas dengan Penyedia Dana yang terakreditasi.

Pelajari Lebih Lanjut