Apa itu Batumbu?

Batumbu bergerak sebagai katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi Usah Kecil dan Menengah (UKM). Dengan fasilitas layanan pinjam meminjam berbasis online, kami menghubungkan Wira UKM dengan Penyedia Dana untuk mendapatkan pembiayaan fleksibel yang simpel dan lebih cepat dengan biaya yang terjangkau. Didirikan pada 2018, Batumbu merupakan platform peer-to-peer lending yang dapat dipercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyedia Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi.

Saat ini Batumbu memfokuskan pelayanannya di Jabodetabek, namun kami akan segera memperluas layanan di kota-kota lain di Indonesia.

Apa mata uang yang digunakan dalam setiap transaksi di Batumbu?

Batumbu menggunakan mata uang Rupiah dalam transaksinya.

Apakah yang membedakan Batumbu dengan bank pada umumnya?

Batumbu tidak memiliki lisensi perbankan dan tidak beroperasi sebagai bank. Kami merupakan platform yang mempertemukan Penyedia Dana dengan Wira UKM. Kami bertujuan memberikan akses pembiayaan bagi Wira UKM dengan proses cepat dan tanpa jaminan (minim dokumen) serta memberikan alternatif guna mendiversifikasi portofolio bagi Penyedia Dana yang ingin membantu pertumbuhan Wira UKM yang berkualitas di Indonesia.

Apakah Batumbu dapat meminjamkan uang secara langsung?

Peran utama atumbu adalah menjembatani kedua pihak, yaitu Penyedia Dana dan Wira UKM melalui platform Batumbu.

Mengapa Penyedia Dana atau Wira UKM sebaiknya memilih Batumbu?

Batumbu menawarkan peluang bagi Penyedia Dana untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dengan rentang risiko yang bervariasi. Pemilihan Wira UKM yang berkualitas dengan algoritma yang telah teruji, handal, dan aman yang diadopsi dari Validus Capital di Singapura dan dipadukan dengan kearifan lokal di Indonesia akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi Penyedia Dana. Wira UKM pun dapat memperoleh tingkat bunga pembiayaan yang bersaing karena Penyedia Dana di platform Batumbu adalah Penyedia Dana yang terakreditasi dan berkomitmen untuk pertumbuhan Wira UKM di Indonesia. Batumbu memahami kebutuhan keuangan usaha yang sedang berkembang, sehingga Kami akan mengakomodasi serta mendukung Wira UKM secara khusus melalui platform ini.

Siapa saja yang dapat mengakses platform ini?

Hanya Wira UKM dan Penyedia Dana yang telah terdaftar yang memiliki akses ke platform ini.

Bagaimana tingkat keamanan dan perlindungan datanya?

Situs www.batumbu.id disandikan dengan algoritma cipher suite yang handal. Situs ini disandikan lalu diautentifikasi dengan AES_128_GCM dan menggunakan RSA sebagai mekanisme pertukaran utama. Selain itu, situs ini juga memiliki Sertifikasi EV SSL.

Apakah Batumbu diregulasi?

Batumbu telah terdaftar di OJK sebagai Penyedia Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi.

Ada pertanyaan?

Tim Funder Relation (FR) Kami siap membantu Anda yang ingin memulai memberikan pembiayaan. Silakan hubungi Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memberikan pendanaan melalui layanan Kami.

Hubungi kami

Tentang Kami

Batumbu adalah katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi Wira UKM di Indonesia. Layanan Kami menghubungkan Wira UKM yang berkualitas dengan Penyedia Dana yang terakreditasi.

Pelajari Lebih Lanjut

Apa saja kriteria bagi Wira UKM?

Anda harus merupakan usaha ekonomi produktif di Indonesia baik yang berupa usaha perorangan, CV maupun PT yang memiliki pendapatan pertahun sampai dengan Rp 50 miliar. Kompeten menjalankan usaha meski sederhana namun dapat dipercaya, memiliki reputasi baik dan bercita-cita mengembangkan bisnisnya.

Proyek seperti apa yang dapat dibiayai melalui Batumbu?

Pembiayaan yang dapat diberikan melalui Batumbu adalah Invoice Financing, Purchase Order Financing dan Working Capital Financing.

Seberapa banyak dana yang dapat Saya peroleh?

Hal ini tergantung pada pemenuhan persyaratan Anda, hasil analisa atas usaha Anda dan besarnya kebutuhan yang diperlukan.

Dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan pembiayaan?

Dokumen minimal yang diperlukan untuk pengajuan meliputi dokumen identitas (KTP untuk perorangan dan akta pendirian serta pengesahan Kemenkumham untuk perusahaan), NPWP, dokumen perijinan usaha dan dokumen pembuktian kebutuhan pembiayaan (invoice, kontrak kerja, laporan keuangan, rekening koran, atau dokumen lainnya yang sejenis).

Berapa tingkat suku bunganya?

Dapat bervariasi antara 15% hingga 20% per tahun, tergantung pada profil risiko Wira UKM dan produk pembiayaan yang diajukan.

Bagaimana proses pengajuan fasilitasnya?

Wira UKM terlebih dahulu mendaftar ke platform, tahap pertama akan terdapat verifikasi alamat email dan nomor ponsel. Setelah verifikasi berhasil, Wira UKM akan melanjutkan pendaftaran dengan mengisi data yang diminta dan mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Begitu terdaftar, Wira UKM dapat melakukan pengajuan pembiayaan melalui platform, yang kemudian akan dianalisa oleh Tim Batumbu. Bilamana dapat disetujui, Kami akan mengunggah permohonan pembiayaan di platform agar dapat diketahui dan dipilih oleh Penyedia Dana. Jika suatu pengajuan pembiayaan sudah dibiayai secara penuh oleh Penyedia Dana, maka fasilitas pembiayaan akan dicairkan dan dana akan ditransfer.

Seberapa cepat fasilitas dapat disetujui?

Maksimal dalam rentang 48 jam setelah Tim Batumbu mendapatkan semua dokumen dan informasi yang diperlukan.

Seberapa cepat Saya dapat menerima dana?

Biasanya dalam rentang 48 jam setelah permohonan pembiayaan Anda telah dibiayai sepenuhnya di platform Kami.

Bagaimana jangka waktu pembayaran kembalinya?

Working Capital Financing – jangka waktu pembiayaan sesuai kebutuhan maksimal 12 bulan.
Invoice Financing – jangka waktu pembiayaan sesuai jangka waktu invoice atau maksimal 90 hari.
Purchase Order Financing – jangka waktu pembiayaan sesuai jangka waktu kontrak atau maksimal 180 hari.

Bagaimana mekanisme pembayaran kembalinya?

Dapat dilakukan melalui transfer bank.

Apakah informasi bisnis dan keuangan Saya akan dipublikasikan?

Ringkasan mengenai bisnis, risiko, dan faktor-faktor lainnya terkait permohonan pembiayaan Anda, berikut rincian lainnya tentang bisnis Anda, akan diberikan kepada mitra kerja Kami yang terlibat dalam proses penentuan profil risiko, perusahaan asuransi, dan biro kredit swasta, serta tentunya Penyedia Dana yang terdaftar di platform Kami.

Apa yang terjadi jika Saya gagal melakukan pembayaran?

Selain bunga pembiayaan yang telah diperjanjikan, Anda akan dikenakan denda keterlambatan sesuai dengan detail yang terdapat dalam Perjanjian Pembiayaan. Kami akan melakukan usaha penagihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menjalankan proses hukum jika diperlukan.

Bagaimana credit rating dapat mempengaruhi proses pengajuan pembiayaan Saya?

Credit rating Anda akan menentukan tingkat suku bunga. Jika credit rating Anda baik, tingkat suku bunga mungkin lebih rendah. Begitu pula jika credit rating Anda kurang baik, tingkat suku bunga mungkin lebih tinggi.

Apakah perlu ada agunan?

Kami tidak mensyaratkan agunan berupa aset tetap namun demikian untuk memastikan penggunaan yang tepat dan meningkatkan moral obligasi maka Kami mensyaratkan adanya underlying document (dokumen rujukan) untuk dasar pencairan dan Personal Garansi.

Ada pertanyaan?

Tim Customer Success (CS) Kami siap membantu Anda yang ingin memulai mengajukan pembiayaan. Silakan hubungi Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memberikan pembiayaan melalui layanan Kami.

Hubungi kami

Tentang Kami

Batumbu adalah katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi Wira UKM di Indonesia. Layanan Kami menghubungkan Wira UKM yang berkualitas dengan Penyedia Dana yang terakreditasi.

Pelajari Lebih Lanjut

Siapa saja yang dapat memberikan pendanaan melalui Batumbu?

Anda dapat mendaftar sebagai Penyedia Dana di Batumbu jika Anda merupakan perorangan WNI maupun WNA, badan usaha ataupun badan hukum Indonesia maupun asing dan juga lembaga internasional lainnya. Untuk dapat terakreditasi sebagai Penyedia Dana dalam layanan Batumbu Anda harus memenuhi syarat minimal kekayaan bersih dan juga komitmen penyaluran pendanaan. Hubungi Tim Funder Relation Kami untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana proses pendanaannya?

Setelah berhasil melakukan verifikasi, Anda dapat melanjutkan proses pendaftaran dengan melengkapi sejumlah data dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. Setelah pendaftaran terakreditasi oleh Batumbu maka Anda dapat melakukan penyaluran dana dengan mengirimkan sejumlah dana ke Rekening Dana Lender (RDL) Anda. Jumlah ini akan muncul sebagai ‘Dana Yang Tersedia’ pada dashboard Penyedia Dana di akun Batumbu Anda. Dana ini dapat Anda gunakan untuk penyaluran dana atas pengajuan pembiayaan oleh Wira UKM yang tersedia di platform Batumbu. Anda dapat memilih penyaluran dana sesuai dengan kriteria pilihan Anda.

Biaya apa saja yang harus dibayarkan Penyedia Dana ke Batumbu?

Kami mengenakan biaya platform sebesar persentase tertentu dari pendapatan yang diterima dari Wira UKM atas pembiayaan yang diberikan sesuai dengan yang tercantum dalam Perjanjian Penyedia Dana. Selain itu untuk mengamankan dana yang Anda pinjamkan, Anda dapat mengikuti program asuransi pengembalian pendanaan dengan membayar premi sesuai ketentuan.

Apakah terdapat komitmen jumlah minimal yang harus Saya sediakan untuk pendanaan?

Ya, terdapat komitmen penyaluran pembiayaan minimal senilai Rp 100 juta.

Apakah terdapat jumlah maksimum pendanaan ?

Tidak ada. Namun, Kami meminta Anda untuk berhati-hati dan Anda dapat mendiversifikasikan risiko Anda dengan menyebar pemberian pendanaan Anda di berbagai fasilitas. Proses diversifikasi risiko seperti ini dapat memberikan tingkat imbal hasil yang menarik dalam jangka panjang.

Berapa lama jangka waktu untuk pendanaan ?

Maksimal 90 hari untuk Invoice Financing, maksimal 180 hari untuk Purchase Order Financing serta maksimal 12 bulan untuk Working Capital Financing.

Berapa tingkat IRR yang dapat saya terima?

Kami memperkirakan imbal hasil antara 8% hingga 15% per tahun sebelum pajak tergantung jenis fasilitas. Kami sarankan agar Anda juga memperhitungkan risiko keterlambatan pembayaran dan gagal bayar untuk mendapatkan nilai perkiraan imbal hasil portofolio yang telah disesuaikan dengan risiko.

Apakah uang yang Saya tempatkan aman di Batumbu?

Batumbu TIDAK menggunakan uang Anda untuk kegiatan operasionalnya. Uang Anda dikelola melalui escrow account khusus yang hanya dipergunakan untuk memberi pembiayaan kepada Wira UKM yang Anda pilih sendiri. Semua pembayaran kembali dari Wira UKM juga dibayarkan melalui escrow account itu.

Apakah pasti terdapat imbal hasil dari uang yang Saya tempatkan?

Tidak, Anda dapat memilih bagaimana Anda memberikan pendanaan melalui platform Batumbu sesuai kebijaksanaan Anda sendiri. Penyedia Dana sebaiknya mempertimbangkan dengan seksama risiko dalam menempatkan dana dan mungkin perlu meminta saran pihak independen sebelum berkomitmen untuk mulai mendanai.

Apakah Saya akan mengetahui profil Wira UKM-nya?

Ya, nama dan profil bisnis Wira UKM akan tersedia untuk Anda di platform. Namun, Anda terikat secara hukum untuk tidak menghubungi Wira UKM secara langsung. Setiap pertanyaan Anda harus diajukan melalui Tim Batumbu.

Bagaimana Batumbu menilai pembiayaan Wira UKM?

Tim Credit Risk Batumbu menggunakan algoritma verifikasi fraud dan algoritma kredit untuk mengetahui profil risiko Wira UKM. Namun, Kami juga mengingatkan Anda untuk melakukan penilaian Anda sendiri terhadap Wira UKM.

Siapa saja badan pemeringkatan yang bekerja sama dengan Batumbu?

Batumbu bekerja sama dengan salah satu badan pemeringkat terkemuka di Indonesia.

Apa yang terjadi jika Wira UKM terlambat melakukan pembayaran kembali?

Akan dikenakan biaya keterlambatan. Biaya tersebut dapat dihapus sebagian atau seluruhnya berdasarkan kebijakan Batumbu dengan pertimbangan individual per kasus.

Apa yang terjadi jika Wira UKM cedera janji?

Kami akan melakukan usaha penagihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menjalankan proses hukum jika diperlukan.

Apa yang terjadi jika Wira UKM tidak lagi beroperasi atau tutup?

Pembiayaan Wira UKM tetap melekat dan harus dibayarkan hingga lunas, kecuali jika ditetapkan berbeda berdasar keputusan yang berkekuatan hukum tetap.

Bagaimana cara Batumbu dalam mencegah penipuan yang dapat dilakukan oleh Wira UKM?

Kami memeriksa Wira UKM dan para pemegang saham beserta direkturnya secara menyeluruh, tapi harap diingat bahwa pencegahan total terhadap penipuan tidak mungkin dilakukan.

Ada pertanyaan?

Tim Funder Relation (FR) Kami siap membantu Anda yang ingin memulai memberikan pendanaan. Silakan hubungi Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memberikan pembiayaan melalui layanan Kami.

Hubungi kami

Tentang Kami

Batumbu adalah katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi Wira UKM di Indonesia. Layanan Kami menghubungkan Wira UKM yang berkualitas dengan Penyedia Dana yang terakreditasi.

Pelajari Lebih Lanjut