#SobatBatumbu, pernah dengar istilah generasi milennial?

Menurut Wikipedia, Generasi milennial memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial ekonomi. Namun generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Secara singkat generasi milennial adalah generasi anak muda yang melek teknologi dan familiar dengan gadget.

Baru-baru ini, IDN Research Institute melakukan riset tentang generasi milennial di Indonesia. Salah satu hasil dalam riset tersebut mengungkapkan bahwa 55,4% millennial Indonesia memiliki aspirasi untuk menjadi pengusaha. Munculnya berbagai entrepreneur muda di Indonesia kian memotivasi para generasi millennial untuk mulai berbisnis. Penelitian lain juga dilakukan oleh Alvara Research Center yang juga mengatakan bahwa generasi millennial juga mempertimbangkan pengembangan dana sebagai persiapan hari tua nanti.

Geliat pengembangan dana membawa mereka para generasi millennial tertarik untuk menyalurkan dananya di fintech P2P Lending. Mengacu pada data OJK per April 2019, berdasarkan karakter pengguna Fintech Lending, mayoritas pemberi pinjaman/lender yakni dari kalangan millennial (usia 19-34 tahun) dengan persentase sebesar 69,53%. Sisanya lender dari kalangan usia 35-54 tahun dengan persentase sebesar 27,26%, dan golongan usia lainnya.

Melihat besarnya persentase peran serta generasi millennial dalam industri fintech P2P Lending, maka bukan tidak mungkin bila di masa depan generasi millennial mampu menjadi motor penggerak fintech khususnya P2P Lending.

SobatBatumbu kalau kamu termasuk generasi millennial harus pahami dahulu potensi keuangan yang akan kamu dapat saat memulai untuk menyalurkan dana di P2P Lending. Selain itu millennial juga harus perlu paham apa saja resiko-resikonya. Dan yang paling penting adalah percayakan dana kamu pada P2P lending yang sudah berizin dan terdaftar di OJK.

Sumber referensi :

https://cdn.idntimes.com/content-documents/ indonesia-millenial- report-2019-by-idn- times.pdf

https://gandengtangan.co.id/blog/ pola-pengeluaran- keuangan-millenial- urban-masa-kini- persiapan-hadapi-masa-depan

https://m.tribunnews.com/amp/bisnis/2019/ 06/26/millenial-dominasi- pemberi-pinjaman-fintech- lending

https://id.m.wikipedia.org/wiki/milenial