Sukses dalam bisnis adalah impian besar bagi Anda para pelaku usaha. Namun untuk mewujudkannya tentu tidak mudah.

Kalau Anda berharap agar bisnis yang sedang Anda jalankan dapat terus berkembang dan sukses, maka tips berikut ini tepat buat Anda. Darryn Le Grange, seorang konsultan bisnis, punya lima tips bagi para pelaku usaha agar bisnis yang dijalankan dapat semakin berkembang.

      • Biarkan masa lalumu membantu masa depanmu

Hidup dalam bayang-bayang masa lalu memang tidak enak. Apalagi kalau sampai tidak bisa move on. Masa lalu hadir bukan untuk disesali, tapi mengajarkan kita agar bisa belajar menjadi lebih baik. Dengan menjadikan keberhasilan dan kegagalan bisnis kita di masa lalu sebagai bahan refleksi, terbukti dapat membantu kita meraih tujuan baru yang lebih besar. Entah apakah itu meningkatkan penjualan, memperluas pasar, hingga promosi merek yang lebih luas. Semua tujuan baru tersebut dapat dicapai dengan belajar dari pengalaman masa lalu untuk membuat keputusan yang tepat di masa kini.

      • Buat tujuan yang jelas

Memulai tahun baru tanpa tujuan yang jelas, arah yang spesifik dan aksi nyata, sama saja seperti berjalan tanpa arah dan tujuan. Anda akan banyak berkorban waktu, uang, tenaga, dan pikiran tanpa tahu apa yang mau Anda raih dalam bisnis Anda. Hendaknya tetapkan dulu tujuan yang akan diraih dengan jelas, terukur, dan realistis.

      • Kumpulkan strategi pemasaran usahamu sejak awal

Tumbuh kembangnya bisnis tidak terlepas dari rumusan strategi atau rencana ke depan. Dari strategi tersebut, kita akan mengidentifikasi apa saja yang hendak dicapai dan bagaimana cara meraihnya. Identifikasilah strategi yang kamu percaya cocok untuk kemajuan bisnismu dan turut mendukung strategi yang dipilih dengan merumuskan waktu pelaksanaan dan indikator keberhasilan.

      • Buat target 90 hari

Target bisnis tahunan dapat membuat Anda dan karyawan menjadi bingung dan kewalahan. Dengan memfokuskan visi yang akan dicapai dalam 90 hari, dapat membantu Anda menerjemahkan visi menjadi aksi nyata dalam waktu dekat. Selain itu, dengan menetapkan target 90 hari, Anda dapat memiliki waktu untuk melakukan antisipasi awal dan beradaptasi terhadap pasar yang penuh dinamika.

      • Hal berbeda apa yang akan Anda lakukan pada bisnis Anda?

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan refleksi terhadap perkembangan bisnis Anda selama ini dan menyusun rencana cara mengembangkan bisnis. Anda harus mengevaluasi satu per satu strategi bisnis mana yang sukses dan mana yang tidak, sehingga nantinya dapat dengan leluasa melakukan penyesuaian dalam bisnis Anda.

Pada akhirnya sukses dalam bisnis adalah hak bagi tiap pelaku usaha. Ada sebuah kalimat bijak yang mengatakan “kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, hari ini adalah anugerah”. Apa yang terjadi pada hari kemarin tidak akan bisa Anda ubah. Begitu pula Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok. Lakukan yang terbaik untuk bisnis Anda hari ini, saat ini juga, karena masa depan adalah apa yang Anda lakukan hari ini.

 

Referensi :

https://m.news24.com/SouthAfrica/Local/Maritzburg-Fever/business-tips-to-consider-ahead-of-the-new-year-20191218-3

-the-new-year-20191218-3